Bolus

Bolus, Zeeuwse bolus

Akhir Agustus lalu saya liburan di provinsi Zeeland. Sehubungan dengan letaknya di pesisir, provinsi paling selatan di Belanda ini terkenal dengan hasil lautnya (kerang, udang) dan juga bolus, roti manis gulung yang lengket. Hampir tiap toko roti di Zeeland jual penganan lokal ini, sementara di tempat saya tinggal kadang ada kadang tidak di toko roti langganan.

Seperti yang sering saya lakukan sehabis pulang liburan, saya coba praktek buat sendiri makanan lokal yang saya nikmati selagi liburan. Setelah membaca secara seksama dan membandingkan beberapa resep, pilihan saya jatuh ke resepnya kleinstukjedan. Dalam bahasa Belanda bolus dari Zeeland namanya Zeeuwse bolus, zeeuw itu kata sifat dari daerah Zeeland. Bagaimana, kalian mau coba buat bolus juga?

Bahan

  • 210 ml susu hangat suam kuku
  • 35 gram butter suhu kamar
  • 1 telur suhu kamar
  • 350 gram terigu
  • 7 gram ragi kering
  • 4 gram garam
  • 500 gram gula palem
  • 1 sdt kayu manis bubuk

Cara membuat

  1. Tempatkan terigu, ragi dan garam dalam satu wadah. Buat lubang ditengahnya. Tuang susu, butter dan tambahkan telur. Campur rata hingga kalis (dengan tangan atau mixer). Bentuk adonan seperti bola, tutup dengan serbet lembab.
  2. Untuk kamu yang tinggal di negara 4 musim, tempatkan 1 mangkok air panas di dalam oven, simpan adonan dalam oven yang pintunya tertutup selama 15 menit. Untuk yang tinggal di negara panas, biarkan adonan yang ditutup serbet lembab di ruang dalam suhu kamar.
  3. Campur gula palem dengan kayu manis bubuk. Setelah 15 menit berlalu dari langkah nr. 2, timbang adonan berbentuk bola kecil dengan berat 50 gram. Bentuk adonan memanjang ukuran 15 cm sambil dipilin di atas campuran gula dan kayu manis. Setelah semua adonan tertutup kayu manis, tempatkan dalam wadah yang sama dari langkah nr. 2, tutup kembali dengan serbet lembab dan biarkan selama 15 menit.
  4. Siapkan sisa gula dan kayu manis di atas permukaan yang lumayan besar. Pilin adonan satu demi satu hingga panjangnya kira-kira 45 cm. Lilitkan adonan di jari jempol, dan sembunyikan ujungnya di bawah bolus.
  5. Tempatkan semua bolus yang sudah berbentuk di loyang yang dialasi kertas roti. Biarkan bolus mengembang selama 45 menit. Perhatian, dalam proses ini misalnya ruang kerja kamu hangat, kemungkinan gula akan lumer dan bleber di bawah bolus. Ini biasa.
  6. Panaskan oven temperatur 250 derajat celsius atau sepanas mungkin misalnya oven kamu tidak ada fungsi termometernya.
  7. Panggang bolus selama 8 – 10 menit di dalam oven, keluarkan dan langsung balik bolus supaya gula yang mencari dan menjadi seperti saus karamel tidak mengendap di bagian bawah. Ini langkah penting juga agar bolus teksturnya ringan, tidak berat.
  8. Tunggu sehingga bolus agak dingin sebelum dihidangkan karena bolus yang baru keluar dari oven teksturnya masih lembut. Selamat mencoba!

Bolus, Zeeuwse bolus

Tips

  • Untuk yang tinggal di Belanda atau Belgia, gula palem yang dipakai dalam resep ini adalah donkere bastersuiker. Di negara berbahasa Inggris bisa memakai dark muscovado sugar, demerara sugar atau brown sugar.
  • Perhatian sewaktu memanggang, jangan terlalu lama panggang bolus di dalam oven. Risikonya nanti bolus bagian dalamnya akan kering dan lihat untuk digigit.
  • Pingin tahu bagaimana baker di Zeeland buat bolus? Lihat vlog ini, mulai menit 1:28. Walau mungkin tidak mengerti bahasanya tapi bisa lihat cara membentuk bolus yang benar.

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s