Risotto ai funghi

Risotto2

Musim gugur telah datang di belahan utara dunia. Salah satu makan favorit saya di musim ini adalah Risotto. Aslinya Risotto ai funghi atau risotto jamur ini memakai jamur Porcini. Jika tidak ada jamur merang juga bisa. Yang saya pakai dalam resep ini adalah jamur kastanye.

Risotto yang disebut comfort food ini rasanya gurih dengan tekstur yang creamy. Dalam beberapa variasi resep ada yang menggunakan krim atau keju krim mascarpone. Resep dasar risotto versi Lo Foodie ini tanpa krim atau mascarpone. Hasilnya bisa dilihat difoto, creamy bukan?

Rahasia sukses membuat risotto adalah mengaduk konstan selagi memasak. Dan jangan ditinggal pergi, kamu harus selalu ada didekat kompor supaya jika risotto mulai mengering, kamu bisa langsung menambahkan kaldu. Prinsip memasak risotto adalah memasak beras dengan lambat dengan sedikit cairan (kaldu yang hangat) hingga beras mengeluarkan tekstur glutennya. Ini penting untuk mendapatkan tekstur yang lembut dan creamy hingga tidak perlu menggunakan krim atau mascarpone yang artinya resep lebih sehat. Untuk yang tidak mengkonsumsi alkohol,  resep ini bisa dibuat tanpa white wine. Untuk yang memakai white wine, sebaiknya memakai jenis yang dry (pahit) bukan yang manis.

Siap buat risotto?

Risotto1

Bahan

  • 300 gram beras khusus risotto
  • 1/2 bawang bombay
  • 2 sdm minyak zaitun
  • 250 gram jamur
  • 30 ml dry white wine
  • 1 liter kaldu ayam (saya memakai kaldu bubuk instan) hangat
  • 50 gram keju parmesan parut
  • garam dan merica secukupnya
  • peterseli untuk hiasan

Cara membuat

  1. Cincang bawang bombay dan 125 gram jamur. Potong sisa jamur tipis.
  2. Panaskan minyak zaitun dalam wajan/panci. Tumis bawang bombay dan jamur cincang hingga harum.
  3. Masukkan beras risotto, aduk hingga beras mengkilat.
  4. Tuang white wine. Masak sebentar.
  5. Diatas api sedang, masak risotto sambil selalu diaduk & ditambah 2 sendok sayur kaldu ayam hangat. Ulangi langkah ini sehingga beras matang menjadi nasi. Risotto asli Italia tekstur nasinya masih sedikit keras didalamnya. Langkah ini memakan waktu 20 – 30 menit tergantung jenis beras risotto dan kematangan yang diinginkan.
  6. Lima menit sebelum risotto matang, tumis potongan tipis jamur. Angkat dan tiriskan.
  7. Sementara itu, masukkan keju parmesan parut ke dalam risotto. Bumbui dengan garam dan merica sesuai selera. Aduk rata.
  8. Hidangkan risotto dengan hiasan potongan jamur tumis, peterseli cincang dan sedikit keju parmesan parut.

Selamat mencoba!

Risotto3

 

 

9 respons untuk ‘Risotto ai funghi

  1. Duh dari dulu pingin bikin risotto creamy tapi takut masaknya karena harus konstan diaduk. Kayaknya butuh kesabaran ekstra! Tapi hasilnya keliatan enak mbak Yo. Mungkin saya harus coba resep ini yang tanpa cream, healthier option ya.

    Suka

Komentar