Perkedel kentang 

Perkedel kentang salah satu pelengkap berbagai jenis soto. Bahan dasarnya kentang rebus yang dihaluskan, dicampur berbagai bumbu dan bahan lainnya, dibalut putih telur dan digoreng. Resep perkedel Lo Foodie ini resep dasar. Kunci membuat perkedel kentang tidak pecah selagi digoreng adalah jenis kentang. Pilih kentang yang mengandung banyak tepung.

Bahan

  • 500 gram kentang
  • 2 sdm bawang goreng
  • 2 tangkai seledri, potong halus
  • 1/2 sdt pala bubuk
  • garam dan merica secukupnya
  • 1 telur
  • minyak goreng untuk menggoreng
  • Cara membuat

    1. Kupas dan rebus/kukus kentang hingga matang, haluskan dan dinginkan.
    2. Campur semua bahan kecuali telur hingga rata.
    3. Tambahkan kuning telur, sisihkan putih telur untuk membalur perkedel.
    4. Bentuk perkedel sesuai selera, bulat pipih atau lonjong pipih.
    5. Panaskan minyak goreng secukupnya dalam wajan. Gulirkan perkedel dalam telur putih hingga tertutup semua.
    6. Goreng perkedel hingga kecoklatan. Angkat dan sisihkan.

    Mudah bukan?

    Tip:
    Untuk perkedel daging, ikan atau udang, tambahkan daging giling, ikan atau udang halus sebanyak 200 gram dilangkah kedua.

    12 respons untuk ‘Perkedel kentang 

    1. Gorengnya itu yg suka ribet Lo, suka kemana2 minyaknya dweh. Dipanggang di oven bisa ga ya? Anak2 gw suka sekali sm perkedel cuma yaitu gw suka males bikin krn pas goreng minyak dimana2, bersihinnya omg!😀😀

      Suka

      1. Gw gorengnya pake non stick pan, api sedang, minyak sedikit. Ngga nyiprat kok minyaknya. Kalo perkedel kentang aja kan sebenernya digoreng supaya luarnya kecoklatan Ria, isinya udah mateng. Kecuali kalo pake daging giling atau bahan protein lainnya, agak lama gorengnya. Coba deh.

        Yang dioven, gw ada resep lain lagi, perkedel panggang. Nanti dishare sini ya.

        Suka

        1. Oh minyaknya dikit aza ya, pantes gw ciprat2 gw pikir minyak hrs aga banyak. Ok ntar gw coba lagi pake resep ini deh😀 Yes please perkedel panggang recipenya gw tunggu, the boys ini suka banget sama jenis kentang2an sih.

          Disukai oleh 1 orang

    2. Mbak Yo, kentang digoreng sama dikukus pengaruhnya ke apa Mbak? Aku belum pernah nyoba yang dikukus, selalu tak goreng. Jadinya ya lebih berminyak karena 2 kali goreng sampai akhir.

      Suka

      1. Aku sukanya dikukus atau di direbus, mengurangi minyak. Kuncinya perkedel hasil bagus, ngga hancur, pilih jenis kentang yang untuk digoreng, bukan untuk dibuat puree. Di NL pilih kentang jenis vastkokend aardappel.

        Suka

        1. Iya Mbak, kalo digoreng minyaknya melimpah ruah, jadi merasa bersalah makannya hehe. Sipphh next aku nyoba dikukus. Berarti jenis kentangnya sama kayak bikin kroket. Ok, sudah dicatat 🙂

          Suka

    Komentar