Pa Tong Go

Pa tong go

Kembali lagi dengan satu jajanan Thailand yang saya kangeni: Pa Tong Go atau cakwe dengan saus custard rasa pandan. Di Chinatown di Bangkok ada satu penjual Pa Tong Go dengan 1 Michelin star, antriannya panjang mau beli di kedai ini. Teringat-ingat dengan enaknya ini, minggu lalu sewaktu saya rencana buat cakwe, saya pikir kenapa tidak sekalian buat Pa Tong Go ini ya?

Minggu lalu saya sudah pos resep cakweBahan dan cara membuatnya sama dengan cakwe biasa hanya cakwe untuk Pa Tong Go ini ukurannya lebih mungil, enak dua kali hap untuk saya :-).

Untuk custard pandannya, ada berbagai versi resep. Dengan santan, tanpa santan bahkan ada resep menggunakan evaporated milk. Sangkaya Ban Toey (= sarikaya/kaya, ban toey = pandan) ini sarikaya/kaya pandan versi Thailand. Lihat beberapa resep sangkaya ban toey ini ternyata waktu membuatnya tidak selama waktu membuat sarikaya/pandan versi Indonesia, Malaysia atau Singapore.

Bahan

  • 4 lembar daun pandan segar, potong-potong dan haluskan di blender dengan 60 ml air. Bisa diganti dengan 1 sdm pasta pandan, campur dengan 60 ml air.
  • 2 kuning telur
  • 200 gram gula
  • 1/2 sdt garam
  • 400 ml santan
  • 1 lembar daun pandan, simpulkan
  • 1 sdm maizena, campur dengan sedikit air

Cara membuat

  1. Tempatkan kuning telur, gula dan garam dalam satu wadah. Aduk dengan adukan kawat. tambahkan air pandan/pasta pandan. Aduk rata.
  2. Masukkan campuran gula dan pandan ini ke dalam panci dengan dasar tebal, tuang santan dan tambahkan daun pandan simpul. Masak di atas api kecil sambil terus diaduk hingga kental.
  3. Setelah sedikit mengental, masukkan maizena yang dicampur air. Masak di atas api kecil sambil diaduk-aduk hingga meletup-letup. Strukturnya harus halus dan licin. Angkat dan dinginkan.
  4. Sangkaya ban toey ini awet disimpan di wadah tertutup di dalam kulkas selama 7 hari. Selamat menikmati!

Tips

  • Gunakan panci berdasar tebal.
  • Masak sangkaya di atas api kecil, harus sabar 🙂 Jika kamu tidak sabar dan besarkan api, maka kuning telur akan menggerindil hingga sangkaya kamu akan bau. Strukturnya seperti saus manis scrambled egg.
  • Orang Thailand makan roti putih dicocol kaya pandan ini sebagai cemilan. Ada juga beberapa resep soft milk bun dengan isian kaya pandan ini. Mungkin akan saya coba praktek kapan-kapan.

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s