Pastéis de Nata revisited

Pastéis de Nata

Untuk yang pernah ke Portugal pasti tidak asing dengan kue khas negara ini. Pastéis de Nata ada dimana-mana. Disantap untuk sarapan atau sekedar jadi cemilan sepanjang hari, tidak pernah membosankan. Judul pos ini Pastéis de Nata revisited karena tahun 2015 saya pernah memuat resep ini versi mudahnya. Waktu itu saya coba pertama kali buat Pastéis de Nata setelah saya pulang dari Porto.

Tahun 2018 saya juga pernah menulis review Pastéis de Nata di Lisboa, pemenangnya menurut saya adalah Manteigaria, gerai Pastéis de Nata di Portugal yang banyak cabangnya di ibu kota Portugal itu. Membeli Pastéis de Nata di pasteleria (pastry shop) bisa satuan atau sekali 5 bahkan 10. Kadang saya bisa sekali makan 4 Pastéis de Nata! Rakus ya 🙂

Pastéis de Nata

Resep yang saya bagi kali ini salah satu resep yang sliweran di vloggers Portugal di YouTube. Kunci membuat Nata adalah isinya yang terasa lemon dan kayu manis. Di resep yang saya bagi dulu tahun 2015, masih sangat sederhana, waktu itu saya belum tahu resep yang betulnya bagaimana. Untuk kalian yang ada waktu banyak dan mahir baking, bisa buat sendiri kulitnya, lihat resepnya Cupcakes Jemma. Resepnya Jemma ini bagus, pernah beberapa kali sukses saya praktikkan. Hasilnya ok sekali, kulitnya garing dan krenyes. Resep sekarang walau beda isinya dengan resep yang dahulu, tapi tetap menggunakan puff pastry siap beli karena praktis. Lagipula selagi saya membuat ini, di Belanda sedang kedatangan hawa panas (heatwave) dengan temperatur hingga 37 derajat Celsius, susah untuk buat adonan puff pastry di cuaca panas sekali.

Bahan

  • 270- 300 gram puff pastry (siap pakai)
  • 2 sdm terigu
  • 50 ml susu
  • 75 ml air
  • 150 gram gula
  • 250 ml susu
  • 3 kuning telur
  • 2 batang kayu manis
  • kulit lemon dari 1 buah lemon (lemon peel)
  • butter/margarine secukupnya untuk mengoles cetakan

Cara membuat

  1. Pertama kita buat isinya, egg custard atau nata. Campur terigu dan susu, aduk rata, sisihkan.
  2. Buat sirop gula, panaskan air, gula, 1 batang kayu manis dan setengah kulit lemon dalam panci kecil hingga gula larut, sisihkan.
  3. Jerang susu, 1 batang kayu manis dan sisa kulit lemon di atas api kecil hingga mendidih. Campur dengan terigu cair dari langkah 1. Dinginkan sebentar.
  4. Kocok lepas 3 kuning telur dalam 1 wadah. Masukkan 2 – 3 sdm campuran krim dan susu dari langkah 3, setelah tercampur rata, tuang kuning telur ke campuran susu. Aduk rata. Terakhir masukkan sirop gula, aduk rata. Buang batang kayu manis dan kulit lemon, saring dan sisihkan.
  5. Panaskan oven suhu 230 derajat Celsius atau sepanas mungkin. Olesi cetakan dengan butter/margarine. Gulung puff pastry memanjang. Potong 12 bagian. Bentuk tiap gulungan puff pastry ke dalam cetakan. Jangan lupa bagian pinggir atas cetakan harus tertutup adonan juga karena adonan akan menurun nanti di dalam oven.
  6. Isi pastéis dengan isian. Panggang dalam oven selama 15 – 20 menit. Bagian atas gosong tidak apa, itu karamelisasi gula di dalam custardnya.
  7. Sajikan pastéis de nata hangat atau dingin. Di Portugal orang suka makan pastéis de nata dengan taburan kayu manis bubuk di atasnya.

Pastéis de Nata

Pastéis de Nata

Selamat mencoba!

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s