Frango piri piri

frango piri piri, frango assado, chicken piri piri, chicken peri peri

Resep ke dua dari makanan Portugal favorit saya adalah ayam bakar khas Portugal, frango piri piri atau ayam bakar saus (cabai) piri piri. Di Portugal ayam bakar ini cukup disebut dengan frango assado (ayam bakar). Yang uniknya dari makanan ini adalah cabai piri-piri, kadang ditulis sebagai peri peri.

Piri piri atau peri peri dalam bahasa Swahili  artinya setan merah. Di masa kolonial dahulu, orang Portugis membawa cabai merah dari benua Amerika ke koloni mereka di Afrika, tepatnya Mozambique dan Angola. Penduduk setempat di Mozambique dan Angola membuat campuran bumbu dengan cabai piri piri ini, ada juga versi minyak piri piri. Dari situ orang Portugal memperkenalkan piri piri mix ini ke negara mereka, kemudian bumbu ini menjadi bumbu khas Portugal yang menyebar ke Afrika Selatan, India dan wilayah lainnya. Satu gerai terkenal dengan menunya yang khusus ayam piri piri ini, Nando’s.

Ada bermacam versi resep ayam piri piri dari yang asli Portugal hinggal resep Nando’s. Resep Lo Foodie ini resep ayam piri piri asli Portugal. Ayam piri piri ini asalnya dari provinsi Algarve di Portugal-Selatan. Sewaktu saya liburan di Lagos, Algarve, saya beberapa kali beli ayam bakar ini di Churrasqueira Praca de Armas untuk dibawa pulang, makan di apartemen. Saya pilih resep ini yang sepertinya mudah mendapatkan bahannya di Indonesia. Cabai piri piri itu mirip seperti cabai rawit merah. Ciri khas ayam panggang piri piri ini selain bahan utamanya cabai yang pemberi nama makanan ini, juga bentuk ayam panggangnya, bagian belakang dipotong dan direntangkan seperti ini. Dalam bahasa Inggris bentuk ayam seperti ini disebut spatchcock chicken atau butterflied chicken. Bentuk bekakak ini mempercepat waktu panggang ayam dan memanggangnya lebih merata daripada ayam dibiarkan utuh.

frango piri piri, frango assado, chicken piri piri, chicken peri peri

Bahan

  • 1 ayam utuh
  • garam secukupnya
  • 8 siung bawang putih
  • 6 cabai piri piri atau cabai rawit merah (atau sesuai selera kamu)
  • 1 bayleaf
  • 1 sdt bubuk paprika asap (smoked paprika), jika tidak ada bisa diganti dengan bubuk paprika biasa
  • 1 sdt oregano kering
  • 1/2 sdt cuka (resep aslinya cuka wine merah)
  • garam secukupnya
  • minyak zaitun (olive oil), bisa diganti dengan minyak goreng biasa

Cara membuat

  1. Cuci ayam dan belah di bagian punggungnya jadi bentuk bekakak (seperti foto). Lumuri dengan garam, tempatkan dalam wadah, tutup dengan plastik untuk masak, simpan di kulkas. Tujuannya melumuri dengan garam ini supaya kulit ayam garing ketika dipanggang nanti. Biasanya saya melakukan langkah ini malam hari.
  2. Besok paginya, buat bumbu piri piri. haluskan bawang putih, cabai piri piri. Campur dengan bayleaf, bubuk paprika, oregano, cuka, garam dan minyak zaitun.
  3. Keluarkan ayam dari kulkas, cuci ayam hingga garamnya hilang. Olesi ayam dengan bumbu piri piri. Simpan sisa bumbu untuk olesan selagi memanggang nanti (langkah nr 5). Tutup dengan plastik, simpan kembali di dalam kulkas minimal 2 jam. Biasanya saya melakukan langkah ini pagi dan bakar ayamnya jam 6 sore.
  4. Keluarkan ayam dari kulkas 30 menit sebelum dipanggang. Sementara itu nyalakan panggangan dengan arang atau nyalakan fungsi panggang (grill) di dalam oven dengan temperatur 180 derajat Celsius.
  5. Setelah panggangan/oven siap, panggang ayam sambil dibalik dan dioles dengan bumbu piri piri. Di dalam oven waktu memanggang kurang lebih 45 menit, di atas bara panggangan bisa 45 menit atau lebih cepat.
  6. Setelah ayam piri piri siap, angkat, hidangkan dengan sepotong lemon, kentang bakar, kentang goreng, jagung bakar atau nasi. Teman makan ayam piri piri lainnya adalah salad (selada bokor, olive, tomat & bawang).

Bom apetite!

frango piri piri, frango assado, chicken piri piri, chicken peri peri

frango piri piri, frango assado, chicken piri piri, chicken peri peri

 

 

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s