Bolinhos de Bacalhau

 

Bolinho de bacalhau, pasteis de bacalhau, croqueta de bacalhau

Seandainya tidak ada pandemi saya sekarang sebetulnya akan sedang liburan musim panas memasuki minggu ke tiga di Portugal. Sudah beberapa kali saya ke negara di Eropa Selatan ini dan saya suka kulinernya yang sederhana, ngga ribet buatnya. Nah, untuk mengobati perasaan saudade ini, di dua minggu ke depan Lo Foodie akan berbagi 4 resep makanan dari Portugis. Yang pertama adalah bolinhos de bacalhau (baca: bolinyos de bakalau) atau bahasanya Indonesianya perkedel ikan asin :-). Bolinho bentuk tunggal, bolinhos bentuk jamak.  Resepnya mudah dibuat tapi sebelumnya saya akan cerita dulu tentang ikan asin Portugal ini ya, bacalhau. Simak dulu infonya sebentar.

Sejarah bacalhau

Bacalhau adalah salah satu identitas kuliner Portugal selain ikan sardin dan pasteis de nata (eggtart). Bacalhau ini adalah ikan laut jenis Cod yang diasinkan. Konon sejarahnya dari awal pencatatan tahun Masehi orang di wilayah ini sudah menemukan cara mengawetkan ikan dengan mengasinkan kemudian dijemur. Ada versi bahwa kaum Viking yang pertama kali melihat teknik ini dari suku Indian di Amerika Utara kemudian mereka membawanya pulang sambil berlayar lewat Portugal dan Spanyol. Bacalhau awet disimpan di suhu ruang selama setahun atau lebih lama lagi, saat itu ini adalah bahan makanan yang sangat ideal untuk dibawa berlayar. Kemudian dari situ orang Portugal dan Spanyol memperkenalkan pengawetan ikan ini ke koloni-koloni mereka di Brazil, Cape Verde dan kepulauan Karibia. Maka itu ada beberapa versi penulisan bacalhau yaitu bacalao di Spanyol dan bakkeljauw di Suriname. Di kepulauan Karibia yang sempat jadi koloni Portugal dan akhirnya jadi koloni Inggris namanya salted Cod atau lebih gampang: salted fish = ikan asin.

Bacalhau di Portugal

Di Portugal ada banyak sekali varian cara pengolahan bacalhau, menurut info kuliner sana ada 1000an resep mengolah bacalhau. Salah satu yang paling favorit dan gampang dibuat di Indonesia adalah bolinhos de bacalhau ini. Kadang namanya berbeda di menu di restoran/kafe, ada yang menyebut pasteis de bacalhau, ada juga croquetas de bacalhau. Hanya tiga varian ini ya sebetulnya satu penganan yang sama, yaitu perkedel ikan asin. Bacalhau di Portugal itu otomatis mengacu ke ikan asin dari Cod yang ironisnya sekarang mereka import dari Skandinavia. Mau cari ikan Cod segar (bacalhau fresco) di Portugal itu agak susah karena di pasar maupun di supermarkt selalu adanya bacalhau asin, yang lepas digantung atau sudah dipotong dan dibungkus. Bolinhos de bacalhau ini salah satu cemilan favorit saya selagi liburan di Portugal, biasanya disajikan 4 – 5 buah per porsi. Untuk pembaca blog ini yang ada di Indonesia saya rekomen memakai ikan asin jambal roti ya.

Bolinho de bacalhau, pasteis de bacalhau, croqueta de bacalhau

Bahan

  • 400 bacalhau kering (tip: bisa diganti dengan ikan asin jambal roti)
  • 500 gram kentang, rebus dan haluskan
  • 1 bawang bombay
  • 2 siung bawang putih
  • 3 batang peterseli
  • 1 sdt merica
  • 1/2 sdt pala bubuk
  • 4 telur
  • air secukupnya untuk merendam dan memasak bacalhau
  • minyak goreng secukupnya (di Portugal memakai minyak zaitun tapi bisa diganti dengan minyak goreng yang biasa kamu pakai)

Cara membuat

  1. Sebelum bacalhau diolah, kita kurangi kadar garamnya dengan cara merendamnya dalam air selama 2 jam. Tiriskan dan masak bacalhau dalam air selama 20 menit. Tiriskan dan dinginkan. Kemudian setelah dingin, suwir-suwir bacalhau. Jangan lupa, buang durinya.
  2. Cincang halus bawang bombay dan bawang putih, tumis dengan sedikit minyak hingga harum. Setelah itu masukkan bacalhau suwir, aduk dan masak 5 menit. Sisihkan.
  3. Campur kentang rebus halus, bacalhau tumis, peterseli cincang, merica dan pala bubuk, aduk rata. Tambahkan telur satu demi satu hingga adonan menjadi agak basah.
  4. Panaskan minyak dalam wajan, bentuk bacalhau seperti quenelle dengan dua sendok makan (lihat foto di bawah ini). Goreng hingga kecoklatan.
  5. Hidangkan bolinhos de bacalhau hangat dengan seiris lemon. Kucuri bolinhos de bacalhau dengan sedikit perasan air jeruk lemon. Kadang di Portugal ada resto/kafe menyajikan bolinho de bacalhau dengan mayonaise atau chili sauce.

Panjang ya info resepnya kali ini, sebabnya karena saya suka sekali sejarah :-). Nah, kalau seri resep makanan Portugal ini selesai, saya akan berbagi satu resep dengan bahan bacalhau dari salah satu koloni barat di wilayah Karibia.

Sementara itu selamat mencoba buat perkedel ikan asin ini!

Bolinho de bacalhau, pasteis de bacalhau, croqueta de bacalhau

Iklan

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s