Baking Challenge Juni 2020

Selamat datang ke challenge, tantangan pertama di Lo Foodie! Saya susun tantangan ini setelah mendapat inspirasi dari kawan sesama blogger yang suka masak, Dila. Baca posnya tentang dia ketagihan membuat roti selama pandemi ini. Saya juga suka masak dan membuat roti/kue. Kadang saya ngobrol dengan Dila yang sering berbagi resep di Instagram. Setelah saya baca posnya Dila saya pikir, ah kenapa tidak membuat challenge untuk mereka yang (mulai) suka membuat roti untuk mengisi waktu luang sekarang ini.

Tujuan tantangan ini hanya untuk berbagi karya saja, ini bukan pertandingan ya. Semua yang berminat bisa ikut. Peraturannya pun menurut saya sederhana. Mulai dari besok, bulan Juni, ada tantangan tiap minggu untuk buat roti di bawah ini. Saya sengaja pilih roti yang menurut saya tidak begitu susah untuk dibuat, saya selang-seling roti manis dan gurih.

Minggu pertama ( 1 – 7 Juni): Roti Sobek Pandan

Dari 1 sampai 7 Juni tantangannya adalah membuat roti sobek pandan. Yang terpenting adalah roti sobek dengan rasa pandan dan warnanya hijau. Jika kamu suka roti sobek pandan dengan isian tertentu, silakan buat. Foto ini dari Dapur Mama Aisyah

Minggu ke dua (8 – 14 Juni): Foccacia Garden

Foccacia Garden adalah roti datar Italia yang dihias berbagai sayuran/ dedaunan bumbu menyerupai taman. Roti menarik termasuk kategori bread art ini konon kreasinya Teri Culletto, baker dari Massachusetts, USA. Ia pertama kali pos foto Foccacia Garden di akun Instagram bulan Februari lalu. Di masa pandemi ini ternyata Foccacia Garden menjadi salah satu hype di kalangan baker online. Kita ikut coba buat ini yuk? Foto diambil dari dandelion chandelier.

Di negara-negara barat, salah satunya di Belanda, tempat tinggal saya, terigu dan ragi kering adalah barang yang sering kali terjual habis di supermarket sejak PSBB mulai. Saya ingat  keesokan hari setelah pemerintah Belanda mengumumkan PSBB, hari Jumat 13 Maret saya belanja ke supermarket niat membeli terigu, habis bis, Ragi kering juga kosong di rak. Sampai sekarang pun stock terigu dan ragi kering tidak selalu ada. Jadi kalau kebetulan ada, saya langsung borong, tentunya menuruti peraturan ya (max 5 kg terigu dan 3 paket ragi kering/per orang di supermarket dekat rumah saya)

Minggu ke tiga (15 – 21 Juni): Cinnamon rolls

Ini resep klasik. Saya tertarik mencantumkan resep ini di tantangan pertama Lo Foodie. Penasaran dengan kreasi roti gulung kalian ini nanti. Apakah akan memakai glaze di atasnya? Mungkin ada yang tertarik buat roti gulung kayu manis ini versi vegan?  Foto ini dari Sally Baking Addiction.

Minggu ke empat (22 – 28 Juni): Bao Bun

Tantangan ini dibuka dan ditutup dengan resep roti dari Asia. Nah, saya suka sekali dengan bao bun yang lembut ini. Beberapa kali saya buat ini tapi kadang bentuknya setelah dikukus tidak bagus. Untuk membuat resep ini isian terserah kalian ya, yang penting isian yang gurih bukan manis. Foto ini dari Lazycatkitchen.

Peraturan Baking Challenge

Tertarik ikut baking challenge ini? Hanya ada dua peraturannya.

  • Hanya 1 resep tiap minggu menurut urutan di daftar di atas. Pos tiap minggu foto dan/atau resep roti yang kamu buat di blog atau instagram dengan hashtag #LFbakingchallenge0620
  • Jika kamu ikut challenge ini, saya harap kamu menyelesaikan hingga akhir.

Oh ya, saya rencana untuk berbagi kreasi kalian tiap minggu. Tentunya saya akan minta ijin terlebih dahulu sebelum saya bagi foto kreasi kalian di sini. Kamu bisa ajak teman untuk berpartisipasi di tantangan ini.

Saya tunggu foto/posnya.  Semoga sukses!

8 respons untuk ‘Baking Challenge Juni 2020

  1. Mbak Yoyen, aku tertarik pengen ikutan. Sejak 3 bulan ini aku membuat roti sendiri yang dikonsumsi di rumah. Setiap hari aku membuat roti karena orang rumah dinernya roti. Aku suka share beberapa roti yg kubuat di twitter dan balas2an reply dengan Dila. Aku ga punya IG, jadi aku akan pos di blog saja ya. Kebetulan, 3 jenis roti pernah aku buat sebelumnya. Apakah kalau ikutan challenge ini harus roti baru yang dibuat atau roti yang sudah pernah dibuat bisa diikutkan?

    Suka

    1. Hai Den, Kalau bisa sih buat lagi biar lebih seru ya tapi misalnya pun mau dishare ulang foto-foto dan/atau resepnya boleh aja. Ini bukan perlombaan kok, yang penting ikutan dan seru aja rame-rame buat roti biar tetep waras di masa pandemi ini.

      Suka

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s