Molten Lava Cake

Molten Lava Cake, Moelleux au Chocolate

Untuk para pecinta coklat Molten lava cake salah satu dessert yang memuaskan. Bagian tengah cake ini masih cair seperti lava karena itu dinamakan molten lava cake. Asal-usul cake yang disajikan per porsi ini ada beberapa versi. Jean-Georges Vongerichten, chef dari New York, Amerika – Serikat menyatakan ia yang pertama kali menemukan resep ini. Klaim ini dibantah chef dari Perancis, Jacques Torres. Menurut Torres di Perancis dessert seperti ini sudah ada sejak lama.

Kisah Vongerichten tentang resep ciptaannya ini adalah dia terlalu cepat mengeluarkan sponge cake coklat dari oven. Walaupun bagian tengahnya masih cair tetapi teksturnya bagus dan rasanya enak. Akhirnya kreaasi ini populer di restoran fine dining di New York kala itu. Sementara orang Perancis sudah lama kenal dengan coklat souffle dan coklat fondant (pure coklat dengan custard) sebagai makanan pencuci mulut mereka.

Resep Molten Lava Cake atau Moeulleux au Chocolat ini saya ambil dari buku Rachel Khoo The Little Paris Kitchen. Dalam resep aslinya Rachel menggunakan cream caramel untuk isi molten cake ini tapi kali saya tiadakan cream caramelnya karena membuat cream caramel termasuk susah-susah gampang. Rachel ini salah satu chef favorit saya. Ia berasal dari Inggris keturunan imigran Cina Malaysia dari Penang. Saya suka buku dan resepnya Rachel karena gaya masaknya itu berorientasi ke Perancis. Rachel Khoo lulusan sekolah gastronomi ternama Cordon Bleu. Dari beberapa seri buku masaknya  ada seri TVnya, shooting untuk TV serinya ini di apartemen mungilnya yang cantik di Paris.

Penampilan Molten Lava Cake ini mewah tapi cara membuatnya ternyata tidak susah. Yang perlu kamu perhatikan adalah waktu memanggang. Yang paling penting membuat resep ini adalah timing, waktu yang tepat mengeluarkan cake dari oven.

Molten lava cake, Moelleux au chocolat

Bahan

  • 150 gram coklat (kandungan cacao 50% atau lebih)
  • 85 gram butter
  • 6 telur
  • 170 gram gula
  • 85 gram terigu
  • butter untuk mengoles ramekin
  • 3 sdm bubuk coklat

Molten Lava Cake, Moelleux au Chocolat

Cara membuat

  1. Tim coklat dan butter hingga meleleh dan tercampur rata. Angkat, dinginkan.
  2. Pecahkan telur satu demi satu ke dalam campuran coklat dan butter. Aduk rata.
  3. Masukkan gula dan terigu ke dalam adonan coklat aduk rata.
  4. Oles cetakan ramekin dengan butter dan taburi dengan bubuk coklat (seperti foto di atas).
  5. Tempatkan adonan ke dalam ramekin.
  6. Simpan cake mentah dalam kulkas selama minimal 45 menit supaya adonan mengeras.
  7. Panaskan oven suhu 180 derajat Celsius 10 menit sebelum memanggang cake.
  8. Masukkan cake ke dalam oven dan panggang selama 15 menit.
  9. Keluarkan dari oven dan langsung keluarkan dari ramekin; caranya letakkan ramekin berisi cake di atas piring, balik dan keluarkan cake.
  10. Langsung hidangkan panas.

Molten Lava Cake, Moelleux au Chocolat

Tips

  • Seperti saya tulis di atas, Molten Lava Cake adalah dessert per porsi. Gunakan cetakan tahan panas, baik ramekin atau cetakan berukuran kecil lainnya.
  • Jangan lupa untuk royal mengoles butter ke dalam cetakan agar molten cake mudah keluar dari cetakan.
  • Mendinginkan adonan yang telah di tuang ke cetakan di kulkas selama 10 menit itu penting. Adonan akan padat.
  • Memanaskan oven 10 menit juga penting.
  • Gunakan timer untuk mengawasi waktu panggang cake di dalam oven, 15 menit. Tidak lebih dan tidak kurang. Terlalu cepat mengeluarkan cake dari oven, hasilnya cake akan masih lembek bahkan adonan di pinggir masih cair. Akibatnya susah keluar dari cetakan. Cake terlalu lama dipanggang, akan seperti cake biasa, tanpa lava (bagian tengah yang cair).
  • Kadang ada yang menyajikan Molten lava cake dengan satu scoop es krim rasa vanila atau dengan whipped cream. Saya pribadi lebih suka tanpa tambahan, rasa coklatnya sangat terasa.

 

Iklan

8 respons untuk ‘Molten Lava Cake

  1. Aku juga suka ama Rachel khoo. Pertama kali liat ditoko buku langsung tertarik ama buku resepnya. Cuman belom pernah nyobain resep2nya. Bukunya gampang dibaca dan dicerna dan suka dengan gaya menulisnya yang menurut aku membuat orang mikirnya gampang untuk nyovain resepnya..

    Disukai oleh 1 orang

  2. Selalu suka baca resep2 Mbak Yo karena ada cerita/sejarah makanannya, plus tips2 yang mungkin aku ga bakal kepikiran kalo nyobain resepnya, tapi ternyata bakal berpengaruh banget.

    Btw, aku baru tau Rachel Khoo krn baca ini, langsung googling dan ya ampun, jadi addicted bgt! Nonton beberapa videonya, enak krn bawaan dia santai dan resepnya (keliatan) gampang. Nanti mau beli ah bukunya 😀

    Suka

    1. Tetep ya Dix, aku pake cerita sejarahnya. Seneng aja cerita-cerita begini untuk FYI atau trivia.

      Rachel is vintage terus bener-bener Perancis cara masaknya, jadi aku makin suka. And I love her style too either the dresses or her tiny apartment in Paris.

      Disukai oleh 1 orang

  3. Ka Yoyen, nailed it on first try, thanks so much! The size of ramekin atau alasnya jg ngaruh. I put them all for 15 menit dan yg lebih kecil sizenya mateng ampir semua kedalem, dan yg lebih besar justru jadi perfect 😊 Thanks ya kaak!

    Suka

    1. Hi Ings, Seneng gw dengernya pertama kali coba langsung sukses. Iya memang ini pake ramekin yang ukurannya antara 250 – 300 ml. Coba kalau mau eksperimen bisa pake sedikit karamel atau nutella ditengahnya. Next French dessert recipes are coming.

      Suka

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s