Rempela Cabai Hijau Tumis Taoco


Di Belanda dan pada umumnya negara barat, penduduk aslinya jarang mengkonsumsi organ binatang. Tidak seperti orang Asia yang penyantap segala, penduduk Belanda sekarang tidak biasa makan/memasak jerohan sebabnya karena kandungan kolesterol. Selain hati (lever yang dibuat pate), di Belanda itu jarang sekali orang menyantap organ lainnya.

Resep Lo Foodie kali ini Rempela cabai hijau tumis taoco. Saya beli rempela ayam di toko langganan saya. Pemilik toko ini orang Afghanistan. Pembelinya ya kebanyakan pendatang dengan latar belakang kuliner yang beragam. Kadang saya senang ngobrol dengan sesama pembeli tanya bahan yang dibeli akan dimasak apa.

Campuran saus taoco ini kuat cita rasa Cinanya, enak untuk memanjakan lidah ketika bosan makan hidangan dari Eropa. Cara membuatnya gampang sekali, hanya tumis sebentar, selesai deh. Buat yuk!

Bahan

  • 500 gram rempela ayam
  • cuka, garam dan air secukupnya untuk merebus rempela
  • 2 cm jahe
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdm ebi kering, rendam air panas 15 menit
  • minyak goreng secukupnya untuk menumis
  • 1 buah tomat ukuran sedang, potong kotak-kotak
  • 4 sdm taoco
  • 2 sdm kecap manis
  • 600 ml air
  • 6 buah cabai hijau (atau sesuai selera), potong serong

Cara membuat

  1. Cuci rempela ayam hingga bersih. Rebus 20 menit hingga matang dalam air secukupnya dengan sedikit cuka dan garam untuk menghilangkan bau anyir. Tiriskan dan potong tipis memanjang, sisihkan.
  2. Cincang kasar jahe, bawang putih dan ebi. Panaskan minyak di dalam wajan, tumis tiga bahan ini hingga berbau harum.
  3. Masukkan rempela rebus dan potongan tomat. Masak hingga tomat layu.
  4. Sementara itu haluskan taoco dengan garpu. Saya suka saus taoco yang tidak terlalu halus.
  5. Tambahkan taoco, kecap manis dan air ke dalam wajan. Masak hingga air agak menyusut. Setelah itu tambahkan cabai hijau. Masak hingga mendidih.
  6. Angkat dan hidangkan hangat

Tips:

  • Kadang saya tambahkan potongan tahu goreng kecil ke resep ini.
  • Cicipi taoco. Kadang ada yang rasanya asin, sedang atau tidak begitu asin.
  • Jika rasa kurang bisa tambahkan garam, gula dan merica.
Iklan

5 respons untuk ‘Rempela Cabai Hijau Tumis Taoco

  1. Belum pernah bikin/nyoba yg pake tauco mbak.biasanya makan rempela yg dijadiin sate,temannya bubur ayam 😄😄😄 .thank you resepnya ya mbak yo.dicoba ntar kapan2 👍👍

    Suka

    1. Rempela ayam itu bahasa Belandanya kippenmaagjes. Kadang supermarket biasa jual walalupun lebih sering jual hati ayam ya. Di toko imigran pasti ada rempela ini.

      Suka

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s