Brownies bebas gluten

Brownies bebas gluten ini rasanya enak sekali. Strukturnya liat (fudgy) dengan rasa coklat yang kuat dan tidak terlalu manis. Terigu diganti dengan tepung maizena hingga bebas gluten. Resep ini saya ambil dari buku Ready for dessert karangan David Leibovitz, foodblogger Amerika yang berdomisili di Paris, Perancis.

Cara membuatnya sangat mudah, hanya mencampur semua bahan dan aduk dengan sendok kayu tanpa menggunakan mixer.

Bahan

  • 85 gram butter
  • 225 gram coklat masak (kandungan coklat 50 – 75%)
  • 150 gram gula
  • 2 telur
  • 3 sdm maizena
  • 1 sdm coklat bubuk
  • 100 gram kacang-kacangan (hazelnut, walnut, almond, kacang mede dsb. Saya memakai walnut).
  • Cara membuat

    1. Panaskan oven suhu 180 derajat Celsius
    2. Panaskan butter dan coklat dalam panci diatas api kecil. Aduk hingga tercampur dan licin.
    3. Angkat dari api, masukkan gula pasir, aduk rata. Kemudian tambahkan telur satu demi satu, aduk rata juga.
    4. Campur maizena dan coklat bubuk ke dalam adonan, aduk cepat selama minimal 1 menit hingga adonan licin dan mengkilat. Perhatian: langkah ini penting untuk mendapatkan struktur brownies yang liat.
    5. Terakhir masukkan kacang-kacangan cincang, aduk rata. Tuang brownies ke dalam loyang ukuran 22 cm persegi yang dialasi kertas roti.
    6. Panggang brownies dalam oven selama 20 – 30 menit. Perhatikan; brownies sudah matang jika permukaannya kering atau hampir kering dibagian tengah. Terlalu lama memanggang akibatnya brownies akan kering.
    7. Angkat dan dinginkan. Iris brownies dan hidangkan. Dalam wadah tertutup di suhu ruang, brownies ini tahan disimpan hingga 4 hari.

    13 respons untuk ‘Brownies bebas gluten

    1. Yumm!! Aku seneng resep yang tanpa mixer 😍 Mbak itu butternya yang asin apa yang biasa? Aku barusan beli gezouten dan ongezouten. Roomboter itu sama dengan butter mbak? Maaf banyak nanya Mbak, pemula bikin kue 😁 terima kasih

      Suka

      1. Iya Roomboter itu Butter. Di resep ini bisa pake yang asin atau tawar. Aku baking sekarang standard pake butter (roomboter) Den, ngga pernah pake margarine, lebih full rasanya 😀

        Disukai oleh 1 orang

    2. Mba yo, makasih y resepnya. simple and anti gagal. Cuma kacangnya aku ganti oreo, sm ak ga pake dcc, cm pake coklat makan aja. tp yg 80%. enak mba, nyokat banget. thx y mba…

      Suka

    3. Yaelah shay gw telat liat resep ini, kalo nggak gw gak bikin kue coklat gw kemaren. Sekarang coklatnya abis dan kue coklatnya blm abis2. 😠

      Suka

    Komentar