Serabi

Kue Serabi rasanya Indonesia sekali, gurihnya santan dan gula merah membuat saya kangen minum teh sembari membaca koran sore dirumah orang tua di Jakarta.

Saya tidak punya cetakan Serabi, jadi membuat kue ini dengan wajan berdasar cekung. Hasilnya Serabi lebih tipis daripada Serabi tradisional. Untuk mengobati rasa kangen, bolehlah.

Bahan Serabi

  • 250 gram terigu
  • 3 sdm gula pasir
  • 1 sdt baking powder
  • 1/4 sdt garam
  • 1 telur
  • 550 ml santan kental
  • 2 sdm minyak goreng

Bahan kuah

  • 100 gram gula merah, sisir
  • 75 gram gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 500 ml santan kental
  • 2 lembar daun pandan, ikat simpul

Cara membuat

  1. Buat kuah. Campur semua bahan kuah dalam panci. Jerang diatas api kecil hingga mendidih. Angkat dan dinginkan.
  2. Buat Serabi. Campur semua bahan dalam satu wadah. Aduk rata hingga licin.
  3. Panaskan cetakan Serabi atau wajan. Oles dengan minyak. Tuang 1 sendok sayur adonan Serabi. Masak diapi kecil hingga matang.
  4. Hidangkan dengan kuah gula merah.

Serabi difoto atas kurang berlubang seperti Serabi di Indonesia, makanya saya foto dari atas 🙂

Iklan

20 respons untuk ‘Serabi’

  1. Itu lubang2nya kurang, apa karena wajannya ya mbak..??
    Kapan2 coba juga aaah.. cuma cari yg lengkung agak susah ya.. apalagi kalau kompornya bukan gas..

    Suka

    1. Mungkin ya teh? Ngga tahu malahan. Atau mungkin adonannya musti didiamkan dulu sebelum digoreng? Aku ada sih wajan kecil tapi saking cekungnya, ngga bisa dipake diatas kompor 🙂

      Suka

      1. Bisa jadi juga ya mbak…atau didiamkan sebentar, trs kasih sedikiit saja baking soda, nanti kaya martabak mini hehe

        Kalau kompornya gas, enaknya mbak bisa pakai yg cekung, kalau listrik plat gitu susaaah…lagi mikiir pengen bikin kue2 jajanan pasar yg pake cetakan melengkung2, tp gimana ya… :((

        Suka

      2. Teteh pake induksi atau listrik kompornya? Memang kebanyakan di Jerman pake plat gitu yang yang rata. Atau mungkin bisa dicoba dioven gitu? Atau beli anglo kalo liburan ke Indonesia, masak pake kayu bakar. Niat banget 😉

        Disukai oleh 1 orang

      3. Listrik biasa gitu..
        Waaah ide bagus, dan cuma bisa pas musim panas buatnya..kebayang itu asepnya serumah-rumah ..ntar disangka ada kebakaraaaan hihi

        Suka

  2. Mba yo dah coba pake tepung beras? Kalo embah-embahku dan orang kampung tempat kutinggal di malang pake tepung beras, itu yg busa bikin berlubang-lubang (mungkin sih ya hehehe), sekalian tempat cetakannya musti panas. Kayak kalo bikin dadar gulung biar ga polos kan penggorengannya musti panas.

    Suka

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s